Arti sebuah Persahabatan

Banyak orang mengartikan persahabatan. Ada yang mengatakan, persahabatan adalah jalinan  yang teramat suci untuk dikhianati. Bahkan, ada sebuah ungkapan “dikhianati seorang kekasih tidaklah mengapa, tapi jika sahabat berpaling muka dapatkah kembali rasa percaya?”. Artinya, begitu berarti seorang sahabat untuk kehidupan kita.

Namun, jarang sekali orang yang mau menjadi sahabat, tetapi mereka lebih suka untuk dijadikan sahabat. Itu karena mereka belum dapat mengerti makna sesungguhnya sebuah rasa kemanusiaan. Orang-orang demikian itu adalah mereka yang maunya selalu dikunjungi dan ditemani. Padahal, mereka punya waktu untuk mengunjungi dan menemani.

Mereka menganggap pantas untuk dikunjungi, karena mereka merasa dirinya tinggi, entah karena kedudukan, kehormatan, kekayaan, ataupun wajah yang menawan. Belum lagi jika mereka diberi kelebihan dari Tuhan berupa kecerdasan, mereka sama sekali enggan bergaul dengan orang bodoh. Sebab, menurutnya orang-orang bodoh hanya akan memberi masalah tanpa bisa memecahkan masalah.

Adalah orang-orang yang hanya mementingkan kebaikan diri sendiri, yang bangga dengan kesuksesannya, yang merasa paling tinggi dan benar. Apalagi jika merasa berasal dari keturunan bangsawan, bisa dipastikan mereka akan menjaga jarak dengan orang-orang di bawahnya, dengan alasan yang cukup sederhana, yaitu menjaga kehormatan keluarga.

Seorang sahabat seharusnya tidak membeda-bedakan agama, budaya, keturunan, ataupun golongan. Tulus menemani semampu dirinya bisa, dan tidak perlu berpikir apakah untung atau rugi menemani. Maka jika yang demikian itu sudah tertanam dalam hati, bukan hanya sekedar rasa kemanusiaan saja yang didapatkan, tetapi lebih dari itu. Ia pun akan mengerti dan mengetahui rahasia Cinta yang tebentang dalam kodrat-Nya, sehingga ia akan selalu berdekatan dengan semua cinta dan kasih sayang-Nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s