Wasiat #05

Keserakahan

Wahai anakku, Keserakahan itu menyebabkan hati kita tertutup. Hati yang telah tertutup itu tidak dapat melihat kepentingan orang lain, tidak mampu merasakan penderitaan orang lain. Yang dipikirkan hanyalah kepentingan, kesenangan dan keselamatan dirinya sendiri.

Bukalah hatimu selebar mungkin agar siapa pun orangnya dapat masuk kedalam hatimu. Orang yang bijak tidak akan pernah memanfaatkan kekuasaannya untuk memuasi keinginan nafsunya, kekuasaan yg telah dimiliki, hanya akan dimanfaatkan pada jalur yang benar saja, yang mana pasti akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan kebahagiaan semua orang. “Sebagaimana diri kita, demikian pula orang lain. Sebagaimana orang lain, demikian pula diri kita.”

Anakku, sadarilah bahwa kekuasaan yang berhasil kau miliki, bukanlah semata-mata karena kemampuan atau keahlian yang dimiliki tetapi tidaklah terlepas karena adanya dukungan dari orang lain. Oleh kerena itu, manfaatkanlah kekuasaan tersebut, hanya pada jalur yang benar dan berguna bagi sesama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s